RSS

HIJAB MODERN DAN SYAR’I

12 May

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Alhamdulillaah, akhirnya punya waktu senggang  juga buat ngisi blog ini. Hmm, kali ini ane mau ngbahas sedikit tentang Hijab. Okehh, Cekidooot !! hehe 😀

Embedded image permalink

Pagi tadi ane buka FB, terus liat gambar-gambar foto contoh “Jilbab Modern” yang di-share sama salah seorang temen FB ane di Beranda Facebook . Memperihatinkan, karena hampir semua yang mereka share adalah hijab yang bila dipakai pakaian hijab itu masih “memperlihatkan” auratnya dengan menonjolkan bentuk/lekuk tubuh. Dan yang lebih memperihatinkan lagi saat itu ada banyak muslimah yang justru malah kelihatannya tertarik dengan hijab-hijab yang tidak syar’i  itu. Masya Allaah, jadi teringat sabda Rasulullah ;

“Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat:  Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti  itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.”  ( HR. Muslim no. 2128)

Banyak muslimah yang saat memutuskan untuk berhijab hanya karena untuk mengikuti trend semata.  Jadi jangan heran saat kita temui seorang muslimah yang saat ia berada di mall (pusat perbelanjaan), tempat kerja, atau di kampus ia selalu memakai hijab–yang indah–tapi saat berada di rumah atau di kesehariannya yang lain dia melepas hijabnya sekalipun di tempat itu ada laki-laki yang bukan mahramnya.  Dan salah satu penyebab sebagian muslimah bersikap demikian mungkin karena mereka belum tahu jika hukum berhijab itu bukanlah sunnah melainkan WAJIB. Rasulullah pernah bersabda ;

“ Wahai Ali pada malam Mi’raj ketika aku pergi ke langit aku melihat wanita-wanita  umatku  dalam azab dan siksa yang sangat pedih sehingga aku tidak mengenali mereka. Oleh Karena itu, sejak aku melihat pedihnya azab neraka, aku menangis. Aku melihat wanita yang digantung dengan rambutnya dan otak kepala mendidih adalah wanita yang tidak mau menutupi rambutnya dari pandangan laki-laki yang bukan mahramnya”

Berdasarkan dua Hadist Rasulullah di atas, Allah telah menyediakan azab yang sangat pedih bagi muslimah yang tak mau berhijab. Lalu bagaimana sikap kita setelah ini? Takutkah kita akan azab ini? Apa hadist itu menunjukkan bahwa berhijab hukumnya hanya sunnah? Jika memang sunnah tentu Allah takkan mengazab hamba-Nya yang meninggalkan sunnah. Naudzubillaah… Jadi untuk saudari-saudariku yang muslimah  tutupi rambut dan aurat kalian kemudian segera berhijablah bagi yang belum. Dan bagi yang sudah berhijab, perihalah hijabnya dan pastikan hijabnya itu syar’i atau sesuai syariat yah sista 🙂

Berikut sedikit penjelasan tentang Hijab Syar’i : Sebelumnya FYI  tentang “penutup kepala” nih, tahukah kita beberapa agama lain juga punya penutup kepala  atau kerudung versi mereka. Lihat gambar ini dech :

Nah loh kalau dilihat ternyata “penutup kepala” atau kerudung yang lagi ngtrend saat ini termasuk yang ane liat tadi pagi di beranda FB kok banyak yang menyerupai kerudung  katolik, sama yahudi ortodoks yah.  Jadi inget sabda Rasulullah, “Barang siapa menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka”. Wah berarti harus lebih perhatiin lagi pakai kerudungnya biar nggak tasyabbuh atau menyerupai identitas kaum/agama lain. Karena kerudung wanita muslim adalah yang bersifat sederhana tanpa hiasan berlebih dan tanpa dibentuk jadi yang aneh-aneh. Okeh ukhti harap diingat yaa jaga kerudungnya jangan sampai tasyabuh. (iyaa, bawel banget) hehe 😀

Sekarang coba lihat juga hadist rasulullah yang ada di paling atas tadi yang ane cetak tebal yang kata-katanya begini;  “kepala mereka seperti punuk unta yang miring”.

Ternyata kerudung model beginian juga nggak boleh ya ukhti. Nah klo yang nggak seperti punduk unta itu ini ukhti:

“Penutup kepala” atau kerudung merupakan bagian dari hijab. Sedangkan jilbab itu adalah  pakaian  yang  menutup seluruh tubuh. (hehe, ane baru tau kalo jilbab dan kerudung itu artinya beda) So, hijab syar’i  yang bener itu salah satu contohnya katanya sih yang seperti di gambar ini ukhti 😀

Ternyata berhijab itu nggak bisa sembarangan yah ukhti harus yang betul-betul menutup aurat. Sesuai dengan arti dari hijab itu sendiri yakni penghalang, yang berfungsi sebagai penghalang atau penutup keindahan–juga lekuk–tubuh wanita yang terlarang untuk di lihat oleh mereka yang bukan mahramnya. Termasuk kerudung atau khimarnya yang juga berfungsi sebagai penghalang atau penutup keindahan tubuh seorang wanita–dalam hal ini kepala dan rambut. Namun sayang banyak muslimah yang justru malah menghias kerudungnya dengan berbagai macam bentuk yang sesungguhnya bertentangan dengan syariat. Saudariku janganlah jadikan kerudungmu sebagai pengganti rambut yang biasa dijadikan media hias untuk memperindah diri. Hindari fashion hijab masa kini yang bertentangan dengan syariat, karena kerudung juga hijab wanita muslim adalah yang bersifat sederhana yah sista. 🙂

1452458_218105468360688_264535778_n

Duuuhh, kelihatannya ribet yah banyak peraturannya. Tapi kalau dilihatnya pakai mata hati terus dijalani dengan keikhlasan sepenuh hati sih sepertinya nggak bakal ribet deeehh. (woy, kate siape kagak ribet??) Ya kalo kata ane sih kayaknya  nggak ribet. Beeuuuhh, hehe 😀

Hijab dalam islam adalah bentuk kecintaan Allah pada kaum hawa. Sebab hijab itu melindungi kehormatan si pemakainya. Percayalah apa yang Allah perintahkan untuk kita adalah sebuah kebaikan. Kalo ragu coba deh lihat artikel-artikel disini, di dalamnya ada bukti-bukti bahwa semua yang Allah perintahkan itu semata-mata adalah untuk kebaikan hamba-Nya.

Kesederhanaan dalam berhijab juga merupakan sebuah ujian untuk seorang muslimah. Bisakah ia patuh pada perintah Allah semasa hidupnya di dunia. Perlu diingat bahwa kita hidup di dunia tidaklah lama. Umur kita di dunia mungkin hanya 63 tahun seperti umur Rasulullah, bisa juga kurang. Kalaupun lebih apa umur kita bisa sampai seratus tahun. Bandingkan dengan hidup kita kelak di akhirat kita akan hidup disana lebih dari 100 tahun, 1000 tahun, atau 10.000 tahun, atau bahkan  SEMILYAR  tahun. Karena hidup kita di akhirat adalah SELAMA-LAMANYA. Tinggal kita pilih mau mengingkari perintah Allah di dunia lalu masuk neraka atau patuh kepada Allah kemudian hidup di surga untuk selama-lamanya.

Buat yang masih belum berhijab dan ragu untuk berhijab secara istiqamah, apakah rasa “belum siap” yang membuat ukhti enggan untuk berhijab?  Padahal wajibnya berhijab sama halnya dengan wajibnya sholat lima waktu loh. Apakah jika kita tidak sholat lima waktu dengan alasan kita belum siap akan mengugurkan kewajiban juga mengugurkan jatuhnya dosa? Siap tidak siap bagi seorang muslim yang sudah baligh sholat tetaplah wajib. Dan meninggalkannya akan mendapat dosa yang kelak akan dihisab di akhirat kelak. Begitu juga dengan berhijab, siap tidak siap bagi muslimah yang sudah baligh hukumnya tetaplah wajib. Dan bagi muslimah yang tidak menjalankannya akan mendapat dosa meski dengan alasan belum siap dengan ancaman dosa seperti hadist di atas ketika tiba masa hisab di akhirat kelak. Ingat kita tidak pernah tau kapan kita mati. Jangan biarkan kita mati sedang kewajiban belum bisa kita tunaikan.

Setiap kewajiban memang sifatnya memaksa. Mau tidak mau, siap tidak siap jika itu perintahnya wajib maka kita harus menunaikannya. Tentu kita tidak ingin terpeleset ke dalam jurang neraka. Ayolah ukhti, agar selamat di akhirat bukankah lebih baik kita dipaksa masuk surga atau memaksakan diri untuk masuk surga kan? 😀

So, keep Hamasah…!!!     \(^o^)/

*       *       *

Coba simak percakapan ringan antara wanita muslim dan non muslim asal inggris berikut ini :

  • Wanita Non Muslim: “Kenapa dalam Islam wanita tdk boleh jabat tangan dengan pria?”
  • Wanita Muslim menjawab : “Bisakah kamu berjabat tangan dengan ratu elizabeth?”
  • Wanita Non Muslim : “Oh tentu tidak bisa! cuma orang² tertentu saja yg bisa berjabat tangan dengan ratu.”
  • Wanita Muslim menjawab : “Wanita wanita  kami (muslimah) adalah para ratu, & ratu tidak boleh berjabat tangan dengan pria sembarangan ( bukan mahramnya)”.
  • Lalu Wanita Non Muslim bertanya lagi, “Kenapa perempuan islam menutupi tubuh dan rambut mereka?”
  • Wanita Muslim tersenyum dan punya 2 permen, ia membuka yang pertama terus yang satu lagi tertutup. dia melemparkan keduanya kelantai yang kotor.
  • Lalu Wanita Muslim bertanya: “Jika saya meminta anda untuk mengambil satu permen, mana yang anda pilih? Wanita Non Muslim menjawab: “Yang tertutup..”
  • Wanita Muslim berkata: “Itulah cara kami memperlakukan dan melihat perempuan kami”.
Advertisements
 
55 Comments

Posted by on 12 May 2013 in CELOTEHAN KECIL

 

Tags: , ,

55 responses to “HIJAB MODERN DAN SYAR’I

  1. eanreana

    12 May 2013 at 12.46

    Ass wr wb.

    Ga bisa komen banyak karena aku pun masih dlm proses tentang hal ini.
    Ini pengalamanku =>> http://eanreana.mywapblog.com/alasan- berhijab.xhtml

     
    • pras al faqir

      12 May 2013 at 15.06

      klo ada yg kurang tolong koreksi. tp klo ini baik mohon di share ^^

       
  2. aisyah

    17 July 2013 at 16.29

    mantab blognya 🙂

     
    • pras al faqir

      18 July 2013 at 19.24

      Alhamdulillaah. Makasih ya ^^

       
  3. Elin Indah

    19 July 2013 at 14.41

    hemmm ,, gituuuuu yaaaaaa critanya. seruu juga. heheheheh. nanti deh kalo aku udah nikah ajah. kalo sekarang , ga ada yg ngajarin aku. orang2 disekeliling ku ga ada yang bisa ngajarin. gak ada yg bisa jadi panutan ;-( ;-( ;-(

    sabar dulu aja dehh, nunggu ada yg ngajarin ;-(

     
    • pras al faqir

      19 July 2013 at 16.01

      hehe semangat ya ukhti, semoga cepet dapet “pengajar’a” #ehh 😀

       
    • ndii

      27 December 2013 at 17.01

      7SIHS13059001

       
  4. petty rahma

    27 July 2013 at 13.53

    baguss 🙂

     
    • pras al faqir

      28 July 2013 at 05.03

      afwan 😀

       
  5. dian permatasari

    3 August 2013 at 00.17

    subhanllah sangat meng inspirasi para wanita muslim…

     
    • pras al faqir

      3 August 2013 at 11.00

      alhamdulillaah. klo dirasa bermanfaat mohon share. makasih ukhti ^^

       
  6. erna alwaliyah

    4 August 2013 at 11.27

    Subhanallah,,,, motivasi tersendiri buat saya,,,,, mksh ya

     
    • pras al faqir

      5 August 2013 at 04.49

      alhamdulillaah, kembali kasih ukhti 😀

       
  7. Atin Marlina

    1 September 2013 at 21.06

    alhamdulillah,. bisa jadi tambahan materi buat remaja2 muslimah yg lg ikut2an trend pake kerudung tapi mengesampingkan ke_syar’iannya

     
    • pras al faqir

      4 September 2013 at 05.37

      smoga ukhti 🙂
      aamiin…

       
  8. meigho

    15 September 2013 at 00.04

    bagus nih artikelnya 🙂
    di agamaku (katolik) juga diajarkan utk wanita agar menutupi rambut dengan kerudung 🙂
    ada kok ajarannya didlm alkitab.
    skrg pun kalau ke gereja sudah mulai banyak wanita2 yg menggunakan kerudung mantilla 🙂

     
    • pras al faqir

      15 September 2013 at 09.29

      trima kasih 🙂
      lantas menurut kamu apa hikmah berkerudung ?

       
  9. khatami sahira

    24 October 2013 at 11.31

    Asslmu’alaikum ..Wahh kren postingn’y .. Smg mkin dmnati pmbaca dan smg dpt mnjd prantara اَللّهُ dlm mngilhami kaum muslimah .. Thanks buat ilmu2ny , izin share yaa ukhti/akhi 🙂

     
    • pras al faqir

      24 October 2013 at 15.05

      wa’alaikumussalam warahmatullaah. alhamdulillaah, tentu boleh silahkan. aamiin, aaminn. kembali kasih ya 😀

       
  10. siska

    9 November 2013 at 20.48

    Subhanallah jadi ngerti ya alhamdulillah mks bnyk atas penjelasannya..lalu bagaimana dg berdandan menggunakan make up saat keluar rumah apakah diperbolehkan atau tidak?terima kasih.

     
    • pras al faqir

      12 November 2013 at 14.44

      kembali kasih ukti 🙂
      sebelum’a maaf jika jawaban’a kurang tepat. krn ilmu agamaku masih rendah.

      tp aku cb jawab,
      lebih baik dihindari, takut’a nanti masuk “tabaruj” yg dilarang. sebisa mungkin sederhanakan saja penampilan ketika ukhti keluar rumah…

       
  11. Lizz

    6 December 2013 at 06.39

    Semalam saya sudah berniat untuk berhijab, namun bukan jilbab modern,,, jilbab syar’i. Padahal saya sebelumnya adalah orang yang sangat membenci yang namanya hijab, saya sangat tidak senang memakainya namun semalam saya tiba2 teringat sama tuhan dan ingat semua dosa2 saya selama 21 tahun ini. saya sudah lama meninggalkan tuhan dan tidak melaksanakan perintahnya. saya juga sadar kalau saya slama ini hanya dijadikan objek para laki2 yang mencintai saya hanya karena penampilan fisik saya itu. Pagi ini saya bilang ke MAMA: Ma, saya ingin berhijab, tapi hijab Syar’i. mama bertanya apakah saya melakukan itu karena ada yang suruh? dengan lantang saya menjawab: tidak ma, saya melakukan ini murni keinginan saya sendiri. mama yang saat itu sedang sibuk memasak langsung memeluk dan menciumi pipi saya. Saat ini saya sudah mantap untuk berhijab, saya berharap keputusan saya ini diridhai tuhan dan saya berharap dalam kondisi apapun saya, saya tidak akan pernah melepaskan hijab saya bahkan sampai saya mati. Semuanya…mohon doanya.

     
    • pras al faqir

      6 December 2013 at 10.59

      Subhanallaah,,
      Alhamdulillaahirrabbil’alamiin…

      aamiin aamiin..
      ane doain semoga bisa tetap terus istiqomah ya sista 😀

       
    • Icuk Saputro

      21 March 2014 at 11.31

      alhamdulillah,hidayah Alloh telah menghampirimu,genggam dan jangan lepaskan sekalipun panas bagai menggenggam bara api,bayangkan saat Alloh tersenyum padamu saat engkau menhadap kepadaNya…..jadilah salah satu wanita yang selalu dinantikan JANNAH…

       
  12. shofiyyah

    12 December 2013 at 12.34

    subhannallah,,,
    Syukron katsiran….
    sangat bermanfaat ^^

     
    • pras al faqir

      13 December 2013 at 14.54

      alhamdulillaah afwan ukhti 🙂

       
  13. Deasy

    15 January 2014 at 11.28

    sangat bermanfaat dan menambah keyakinan saya untuk bs berhijab syar’i.. krna skrg saya masih menggunakan jilbab modern.. trimakasih..

     
    • pras al faqir

      16 January 2014 at 08.38

      alhamdulillaah kembali kasih ukhti 🙂

       
  14. mayla

    30 January 2014 at 09.19

    Izin share ya, terima kasih

     
  15. ana abdullah

    31 January 2014 at 17.41

    ikut nyimak aja,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, seneng liat akhwat berjilbab syar’i,,, terliat lebih adem,, terjaga,,,,,,

     
  16. pras al faqir

    2 February 2014 at 06.25

    Mayla: Monggo ukhti….

    Ana Abdullah: hehe adem, thx ya udah mampir….

     
  17. vita

    6 February 2014 at 17.03

    terimakasihh…benar2 menjadi tambahan ilmu buat aku yg baru aja memulai untuk berhijab.. 🙂

     
    • pras al faqir

      7 February 2014 at 10.38

      kembali kasih ukhti…. semoga istiqomah 😀

       
  18. Nicke Putri L.

    14 March 2014 at 14.52

    Afwan mau ijin share, semoga banyak yang membacanya Jazakumullah

     
    • pras al faqir

      15 March 2014 at 05.50

      iya silahkan. terima kasih ya 🙂

       
  19. partini

    2 April 2014 at 20.44

    Memberikan banyak pelajaran…

     
    • pras al faqir

      6 April 2014 at 16.27

      Terima kasih 🙂

       
  20. Kokom Komariah

    24 April 2014 at 15.38

    Astagfirullah,,,,ternyata masih banyak sekali kekurangan dlm diri ini, dan termasuk dalam berhijab yg benar2 tidak meneyerupai kaum/agama yg lain 😦
    syukron ilmunya s,,,smoga bermanfaat dan mendatangkan maslahat 🙂

     
    • pras al faqir

      24 April 2014 at 21.07

      Alhamdulillaah, aamiin ya Allah. afwan ukhti…

       
  21. Vera Sarahyuliana k (@verasarahYK)

    3 May 2014 at 13.26

    Subhanallah………semoga ini bisa jadi ilmu dan bekal untuk tetap istiqomah ya amin 🙂

     
  22. alfiaocta

    25 May 2014 at 16.17

    subhanallah ukhti. sangat menginspirasi sekali.
    aku akhir akhir ini sudah mulaj berhijrah untuk memantaskan diri dengan berhijab syar’i namun kedua orang tua ku mengatakan bahwa aku tidak usah terlalu fanatik. memakai khimar yg panjang pun di kira aku masuk aliran sesat. berhijab syar’i aku di bilang seperti ibu2 oleh orang2 sekitar. allahu akbar sedih sekali memang. tapi ini aku lakukan hanya demi Allah dan lama kelamaan aku sudah membiasakan dengan ocehan seperti itu. cibiran cibiran mereka tentang khimar ku ini. semoga hijab syar’i ku ini selalu di istiqomah kan oleh Allah hingga khusnul khotimah 🙂

     
    • pras al faqir

      26 May 2014 at 10.33

      afwan bkn “ukhti”, ana laki2 😀
      byk yg mudah brfikir bahwa brpenampilan/berpakaian syar’i identik tentang terorist atau sesat.
      bersyukurlah kita yang Allah beri petunjuk tentang kebenaran yg mski kebenaran itu menurut sebagian org merupakan hal yg salah/sesat.
      jadikan pemikiran salah mereka itu sbg semangat buat kita untuk lbh mndekatkan diri pada Allah meminta petunjukNya agar bs mmplajari islam dg benar.
      agar kelak saat ada org2 sprti mereka yg mncibir kita bs jelaskan bhwa “inilah” yang benar, dg segala bukti kelebihan dan manfaat’a mngikuti perintah Allah secara kaffah… 😀

       
  23. nur helmi

    2 June 2014 at 15.16

    subhanallah….lengkap penjelasannya, simple, mudah dicerna dan dipahami
    ijin share ya ^_^

     
    • pras al faqir

      3 June 2014 at 06.00

      Alhamdulillaah. Iya boleh, silahkan di share…

       
  24. shufie andarini

    3 August 2014 at 20.43

    Bagus banget blog nya. Sy baru proses belajar berhijab syar’i. Ada rasa “tenang” bila sy berhijab syar’i. Jujur sy mulai jatuh hati dg hijab syar’i. Tapi sy jg berdoa smg lingkungan kerja sy bs menerima “penampilan”baru ini. Mhn doanya smg sy bs istiqomah berhijab syar’i.

     
    • pras al faqir

      4 August 2014 at 07.33

      Segala puji bagi Allah…
      aamiin semoga dimudahkan ukhti.
      barakallaah 🙂

       
  25. bunda naufal

    4 August 2014 at 21.18

    Subhanallah…sangat memotivasi…..

     
  26. Winda Setiawati

    31 October 2014 at 08.38

    bagus sekali artikelnya, izin share ya

     
    • Al Faqir

      31 October 2014 at 09.50

      alhamdulillaah. tafadhol ukhti… 🙂

       
  27. Faridah al banjari

    7 December 2014 at 13.36

    Alhamdulillah, syukron ya ukhti

     
  28. Sabun Mahkota Sereh Original

    11 December 2014 at 11.17

    bagus artikelnya,,,,banyak manfaat yang didapat setelah membaca artikel ini

     
  29. Fina Septiani

    7 June 2015 at 10.37

    Subhanallah.. Islam itu indah 🙂

     
  30. Indarsari

    11 June 2015 at 11.53

    Subhanallah…. Alhamdulillah ya rabb diizinkan membaca artikel ini. Trimakasih dear penulis… :). Tulisannya semakin membuat hati ini mantab untuk memperbaiki diri.

     
  31. Pingback: Hijab Syar’i

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: